- See more at: http://www.multipaste.web.id/2012/06/menambahkan-facebook-like-box-di-blog.html#sthash.BS4BYkO1.dpuf Vetholic FKH Udayana: Tahu Kah Anda, Kenapa Warna Telur Unggas Berbeda-Beda?

profil

Minggu, 10 Maret 2013

Tahu Kah Anda, Kenapa Warna Telur Unggas Berbeda-Beda?



Tahu Kah Anda, Kenapa Warna Telur Unggas Berbeda-Beda?
Telur merupakan bahan makanan sumber protein dengan kandungan asam amino yang lengkap dan daya cerna yang tinggi, sehingga digunakan sebagai pembanding dalam menentukan mutu protein bahan makanan yang dikenal dengan istilah PST (protein setara telur). Sebagai bahan makanan sumber protein, telur merupakan pilihan yang tepat karena selain mengandung proein dengan mutu yang tinggi juga praktis dari segi pengolahannya.
Telur Ayam Petelur
Warna kulit telur yang berbeda-beda dipengaruhi oleh pigmen yang terkandung dalam kulit telur.
Pada waktu di uterus merupakan proses yang paling lama, yaitu selama 20 jam. Di bagian ini kuning telur dan putih telur diselimuti dengan kulit telur (disebut pula dengan kerabang atau cangkang) dan pada bagian ini kerabang dilapisi lagi dengan selaput halus untuk melindungi pori–pori telur.
Waktu yang demikian lama menunjukan bahwa peranan kerabang itu sangat penting dan sulit pembentukannya, dan kerabang ini yang berperan sebagai benteng utama isi telur.
Selama ada di uterus ini juga ditambahkan pigmen pada kerabang yang memberikan warna kulit telur. Pigmen telur ini berasal dari pigmen darah hemoglobin. Untuk itu ada dua pigmen utama yang paling berperan, yaitu  porphyrins yang berasal dari hemoglobin yang responsif untuk menghasilkan warna kulit telur yang kecoklatan. Itu lah kenapa telur ayam petelur berwarna kecoklatan.
Telur Bebek
Untuk menghasilkan warna kulit telur biru dan hijau pada kulit telur itik, bebek dan sejenisnya  adalah adanya pigmen biliverdin yang berwarna hijau (dihasilkan oleh hati) dan zinc chelate. Warna kulit telur tidak selalu identik dengan warna bulu unggas tersebut.
Biliverdin merupakan senyawa pigmen empedu dari keluarga porpirin hasil lintasan katabolik gugus heme dari hemoglobin yang terdapat di dalam eritrosit, oleh enzim heme oksigenase dan berfungsi untuk pewarnaan cangkang telur, pigmen tersebut menghasilkan warna biru-hijau.


Telur Burung Puyuh
            Berdasarkan penilitian di Korea, Cina dan Taiwan. Pengembangbiakan dan seleksi yang dilakukan sehingga menjadi suatu strain tersendiri yang sekarang dikenal dengan nama Coturnix coturnix japanica.
Kerabang telur berwarna tersifat oleh adanya variasi dari coklat tua, biru, putih dengan berisi bercak-bercak hitam, biru atau coklat tersebar pada permukaan kerabangnya. Pigmen kerabang telur berupa ooporphyrin dan biliverdin. Deposisi pigmen terjadi dua atau tiga jam sebelum oviposisi yang
kemudian diikuti dengan penurunan ooporphyrin  dalam jaringan kelenjar kerabang. Pigmen tersebut lah yang menjadikan warna cangkang telur burung puyuh menjadi unik.

Faktor Pewarnaan Kerabang Telur
Beberapa faktor yang mempengaruhi pewarnaan kulit telur yaitu :
1. Kandungan kalsium dalam ransum
Kadar kalsium dalam ransum harus sesuai dengan kebutuhan ayam, jika kadar kalsium rendah atau tidak cukup maka sekresi phorpyrin saat pengecatan kerabang telur akan berkurang akibatnya warna kulit telur menjadi lebih putih.
2. Heat stress
Ketika suhu lingkungan menjadi panas, konsumsi ransum menurun dan kecukupan energi menjadi faktor pembatas utama bagi ayam petelur. Ketidakcukupan konsumsi ransum menyebabkan asupan asam amino, kalsium, fosfor, vitamin D dan nutrien-nutrien lainnya berkurang sehingga menyebabkan produksi telur terhambat dan mempengaruhi kualitas telur.
3. Pemakaian obat dengan dosis berlebihan
Pemakaian obat dari golongan sulfonamide dan koksidiostat yang mengandung nicarbazin dengan dosis melebihi aturan pakai pada ayam masa produksi, dapat berpengaruh terhadap pewarnaan kulit telur.
4. Infeksi penyakit seperti IB, ND, EDS atau AI
Adanya infeksi penyakit tersebut dapat menyebabkan kualitas telur menurun.




Ditulis oleh      : Asyauqi Ilham Perdana
Sumber            :
Nizam,Mohammad blog.http://ch1za.blogspot.com/2012/05/laporan-hasil-praktikum-telursusu.html.Diakses pada 9 maret 2013.
Tinjauan pustaka.telur.http://Repository.ipb.ac.id.Diakses pada 9 maret 2013.
Unggas UGM.http://chickaholic.wordpress.com.Diakses pada 9 maret 2013.
                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar