- See more at: http://www.multipaste.web.id/2012/06/menambahkan-facebook-like-box-di-blog.html#sthash.BS4BYkO1.dpuf Vetholic FKH Udayana: Ragam Tanduk Pada Sapi Bali

profil

Sabtu, 23 Maret 2013

Ragam Tanduk Pada Sapi Bali


Ragam Tanduk Pada Sapi Bali

Sapi bali merupakan keturunan Bos sondaicus yang berhasil dijinakkan, dengan ciri-ciri khas putih pada bagian-bagian tubuh tertentu yaitu : pada kaki yang diawali dari sendi tartus dan carpus ke bawah sampai batas kuku, pada bagian belakang pelvis, tepi daun telinga bagian dalam dan bibir bawah. Sapi Bali usia pedet, memiliki bulu sawo matang, sedang yang betina dewasa berbulu merah bata sejak lahir. Adapun yang jantan dewasa, mempunyai warna bulu hitam. Bila yang jantan dewasa kebiri, maka warna bulu hitam akan berubah menjadi merah bata kembali. Keanekaragaman pada sapi bali membuat tanduk pada sapi bali pun ikut bervariasi, antara lain silak bajeg, silak congklok, silak cono, silak pendang, silak manggulgansa dan silak anoa.
Silak bajeg


Tanduk silak bajeg merupakan tanduk
sapi yang mengarah ke atas dan melengkung ke dalam.




 Silak cono
 Silak congklok
   Tanduk silak congklok mirip dengan silak bajeg, hanya saja setelah melengkung ke dalam tanduk kembali melengkung ke arah luar.
       
      

Silak pendang







Silak cono merupakan tanduk yang mengarah lurus ke belakang kepala.

Silak pendang merupakan tanduk yang relatif lurus ke samping.


Silak manggulgangsa


Silak anoa

Silak tanduk yang pertumbuhannya satu garis dengan dahi mengarah ke  belakang, melengkung ke bawah dan ujungnya mengarah ke dalam.
silak anoa merupakan silak yang pertumbuhannya mengarah lurus ke atas tanpa adanya lengkungan (kurvatura).

Faktor-faktor yang memengaruhi adanya perbedaan jenis tanduk antara lain,yaitu : jenis kelamin, umur, dan kekurangan kalsium. Jenis kelamin sangat memengaruhi adanya perbedaan tanduk antara jantan dan betina, ukuran tanduk pada jantan lebih besar daripada tanduk pada betina. Sapi bali dewasa mempunyai tanduk lebih besar dibandingkan pedet, semakin dewasa umur sapi ukuran tanduknya semakin berkembang sesuai pertumbuhan.

Sumber :
Ris, Adryani.2012.Keragaman Silak Tanduk Sapi Bali Jantan dan Betina. Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana.Denpasar:Buletin Veteriner Udayana Vol. 4 No.2: 87-93.
Wawang, andi.2011.Karateristik Sapi Bali. http://peternakan-id.blogspot.com/2011/04/karakteristik-sapi-bali.html, diakses 23 maret 2013.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar